close
Health

6 Manfaat Jus Bayam untuk Kesehatan, Baik Dikonsumsi Rutin

Ilustrasi jus bayam (unsplash)

LANGITKU.NET, Jakarta – Bayam termasuk jenis sayuran hijau yang dapat dinikmati dalam berbagai cara, termasuk dijadikan minuman sehat yang baik untuk dikonsumsi secara rutin.

Jus bayam kini cukup populer di kalangan pencinta pola makan sehat karena cukup mudah diolah dan banyak mengandung nutrisi penting.

Jenis sayuran ini pun menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari mengontrol gula darah hingga mencegah kanker.

Manfaat konsumsi jus bayam

Meminum jus bayam secara rutin rupanya mampu memenuhi asupan protein, vitamin serta mineral harian.

Berikut adalah sejumlah manfaat dari meminum jus bayam secara rutin, seperti dikutip dari laman Antara.

1. Mengontrol gula darah

Bayam merupakan salah satu sumber antioksidan yang sempurna, terutama karena kandungan alpha-lipoic acid yang membantu meningkatkan kadar insulin tubuh.

Jika dikonsumsi secara rutin, sayuran ini mampu mengurangi risiko pengembangan neuropati perifer serta menurunkan kadar glukosa dalam darah.

2. Menjaga kesehatan mata

Mengonsumsi jus bayam secara rutin mampu meningkatkan kinerja penglihatan seseorang, karena sayuran ini banyak mengandung beta karoten, lutein, dan zeaxanthin.

Ketiga komponen tersebut masing-masing berperan dalam perkembangan penglihatan khususnya perkembangan makula. Makula membantu mengontrol jumlah cahaya yang masuk ke mata, sehingga mampu menurunkan risiko degenerasi mata.

3. Bebas jerawat

Rutin mengonsumsi jus bayam dapat membantu memperbarui sel-sel tubuh, terutama rambut dan kulit karena terhidrasi dengan baik.

Jus bayam yang kaya akan antioksidan mampu membuat kulit menjadi lebih sehat.

4. Mendukung pertumbuhan rambut

Tingginya kadar vitamin A, B, C yang dikandung bayam membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Orang dengan masalah rambut rontok bisa mendapatkan manfaat yang signifikan ketika rutin mengonsumsi jus bayam.

5. Mencegah kanker

Kanker berasal dari beberapa faktor, termasuk efek karsinogenik dari amino heterosiklik. Karsinogen ini berasal dari area terbakar pada makanan yang dipanggang dengan suhu tinggi.

Tingginya klorofil yang terkandung dalam jus bayam, secara efektif mampu menghambat amino yang dapat menyebabkan kelainan pada sel yang kemudian berkembang menjadi kanker.

6. Tidak mudah lelah

Tingginya kandungan vitamin dan mineral dalam jus bayam dapat membantu tubuh beregenerasi dan bangkit kembali meskipun telah melakukan pekerjaan rumah atau beberapa aktivitas yang biasanya melelahkan. Keseimbangan tubuh secara keseluruhan terjaga 100 persen berkat komponen jus bayam seperti magnesium dan folat.

Leave a Response